Puasa Tarwiyah: Kenali Niat Puasa yang Dianjurkan Besok, 27 Juni 2023

Nov 14, 2020
Keilmuan

27 Juni 2023 puasa apa? Bagi umat Muslim, tanggal itu merupakan momen penting karena dianjurkan untuk berpuasa Tarwiyah. Puasa Tarwiyah meruapakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, satu hari sebelum pelaksanaan ibadah haji. Upaya untuk mempersiapkan tubuh dan jiwa dalam menyambut hari besar tersebut.

Penjelasan Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah memiliki arti persiapan atau penyiraman. Ibadah ini dipercaya dapat membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, serta menyempurnakan ketaatan kepada Allah SWT. Berdasarkan hadis Rasulullah SAW, puasa Tarwiyah dianjurkan untuk melengkapi amalan ibadah haji.

Tujuan dan Manfaat Puasa Tarwiyah

Manfaat puasa Tarwiyah antara lain adalah meningkatkan rasa ketaatan kepada Allah, membersihkan diri dari dosa, meningkatkan kesabaran, dan menunaikan kewajiban sebagai umat Muslim. Selain itu, puasa ini juga diyakini dapat mendatangkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

Bagi umat Muslim yang akan melaksanakan puasa Tarwiyah pada tanggal 27 Juni 2023, berikut adalah bacaan niat yang dianjurkan:

Niat Puasa Tarwiyah:

"Nawaitu shauma sunnati Tarwiyata fardli ramadhan hadzihi sanati lillahi ta'ala."

Penutup

Dengan melaksanakan puasa Tarwiyah, umat Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari kesalahan, dan menambah pahala ibadah. Semoga ibadah puasa Tarwiyah yang dilakukan pada tanggal 27 Juni 2023 mendapat ridha dan berkah dari Allah SWT. Aamiin.